Ayo baca artikel, opini, humor, tutorial, kisah inspiratif, anda bebas baca sepuasnya, nya, nya...!!!

Pondasi Teori Relativitas

Tahukah Anda bahwa Teori Relativitas telah lama dicetuskan oleh ilmuwan muslim? Teori Relativitas yang digagas oleh Albert Einstein pada awal abad XX ternyata sudah mulai diselidiki oleh ilmuwan muslim bernama al-Kindi sekitar seribu seratus tahun sebelumnya. Sesungguhnya, konsep tentang relativitas ruang dan waktu sudah tidak asing bagi para ilmuwan muslim terdahulu, karena di dalam al-Qur’an disebutkan berbagai ayat yang mengisyaratkan relatifnya ruang dan waktu, seperti misalnya:

“Sesungguhnya, sehari di sisi Allah adalah seperti seribu tahun menurut perhitunganmu.” (QS. al-Hajj [22]:47).

“Dia mengatur urusan dari langit ke bumi, kemudian (urusan) itu naik kepada-Nya dalam satu hari yang kadarnya (lamanya) adalah seribu tahun menurut perhitunganmu.” (QS. as-Sajdah [32]: 5).

Abu Yusuf bin Ishaq al-Kindi adalah seorang ilmuwan dan filsuf muslim keturunan Yaman yang lahir di Kufah pada tahun 185 H (796 M). Ilmuwan yang dikenal sebagai Alkindus di Barat ini menyatakan bahwa manusia adalah makhluk relatif dan terbatas. Walaupun semua makhluk individu tidak terbatas banyaknya, namun waktu, gerak, badan, dan ruang adalah terbatas. Intinya, al-Kindi hendak menyatakan, “Waktu itu ada (eksis) karena ada gerak. Gerak itu ada karena badan/tubuh yang bergerak…. Jika ada gerak, ada tubuh yang diperlukan untuk bergerak; jika ada badan, ada gerakan yang dilakukan.” Dengan kata lain, ruang, waktu, gerakan, dan benda itu bersifat relatif satu sama lain dan tidak dapat berlaku sendiri (independent) atau absolut. Seluruhnya bersifat relatif terhadap objek-objek lain dan terhadap si pengamat.

Teori Einstein juga hampir serupa. Ia menyatakan, “Eksistensi-eksistensi dalam dunia ini terbatas, walaupun eksistensi itu sendiri tidak terbatas.” Tentu saja, karena keduanya hidup dan berkarya dalam dua masa yang berbeda, maka teori relativitasnya Einstein cenderung lebih mendetail dan dijelaskan dengan berbagai dukungan dan pembuktian ilmiah. Implikasi dari kedua teori mereka pun berbeda jauh. Teori Einstein telah digunakan untuk menghubungkan penjelasan dalam bidang materi dan energi yang selanjutnya menggiring kepada perkembangan penghancur massal atau mass destruction weapon, seperti bom atom dan senjata-senjata nuklir. Jadi, apakah al-Kindi menggunakan gagasannya untuk perang dan kerusakan? Pastinya tidak. Ia hanya menggunakannya untuk membuktikan kebutuhan logis akan eksistensi Allah dan sifat-Nya yang Maha Tunggal.

Pondasi Teori Relativitas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: gusti

0 comments:

Post a Comment